Rabu, 20 November 2013

Menetapkan Tanggal Peristiwa-Peristiwa Dalam Arus Waktu

Menetapkan Tanggal Peristiwa-Peristiwa Dalam Arus Waktu

Pelajaran tentang Kitab-Kitab yang Terilham serta Latar Belakangnya

Pelajaran Nomor 3—Menetapkan Tanggal Peristiwa-Peristiwa Dalam Arus Waktu


Menghitung Waktu menurut Alkitab dan pembahasan tentang kronologi dari peristiwa-peristiwa utama dalam Kitab-Kitab Ibrani dan Yunani.

KETIKA Daniel mendapat penglihatan mengenai ’raja utara’ dan ’raja selatan,’ malaikat Yehuwa beberapa kali mengucapkan perkataan ”waktu yang ditetapkan.” (Dan. 11:6, 27, 29, 35) Ada banyak ayat lain juga yang menunjukkan bahwa Yehuwa sangat cermat dalam menetapkan waktu dan Ia melaksanakan maksud-tujuan-Nya tepat pada waktunya. (Luk. 21:24; 1 Tes. 5:1, 2) Di dalam Firman-Nya, yaitu Alkitab, Ia telah menyediakan sejumlah ”pedoman” yang membantu kita untuk mengetahui kapan terjadinya peristiwa-peristiwa penting dalam arus waktu. Banyak kemajuan telah dibuat dalam pemahaman kronologi Alkitab. Penyelidikan oleh para arkeolog dan yang lainnya terus memperjelas berbagai masalah, sehingga memungkinkan kita menentukan tanggal-tanggal terjadinya peristiwa-peristiwa penting yang dicatat dalam Alkitab.—Ams. 4:18.


2 Angka Ordinal dan Angka Kardinal. Dalam pelajaran sebelumnya (paragraf 25 dan 26), kita mempelajari bahwa ada perbedaan antara angka kardinal (bilangan pokok) dan angka ordinal (bilangan urut). Hal ini harus diingat pada waktu menghitung jangka waktu berdasarkan Alkitab selaras dengan metode penanggalan modern. Misalnya, sehubungan dengan ”tahun ketiga puluh tujuh sesudah Yoyakhin, raja Yehuda dibuang,” jangka waktu ”tiga puluh tujuh” merupakan angka ordinal. Ini berarti 36 tahun penuh ditambah sekian hari, minggu, atau bulan (sejauh waktu telah berlalu sejak akhir tahun ke-36).—Yer. 52:31.

3 Tahun Memerintah dan Tahun Naik Takhta. Alkitab menyebut tentang arsip-arsip Negara dari pemerintahan Yehuda dan Israel, juga masalah-masalah Negara dari pemerintahan Babel dan Persia. Dalam keempat kerajaan ini, kronologi Negara dihitung dengan tepat menurut masa-masa pemerintahan dari raja-rajanya, dan sistem penanggalan waktu yang sama telah diterapkan dalam Alkitab. Sering kali Alkitab menyebut dokumen yang dikutip, misalnya ”kitab riwayat Salomo.” (1 Raj. 11:41) Masa pemerintahan seorang raja biasanya mencakup sebagian dari satu tahun naik takhta, yang kemudian disusul dengan sejumlah tahun memerintah yang penuh. Tahun memerintah adalah masa jabatan yang resmi dari raja dan biasanya ini dihitung dari bulan Nisan sampai bulan Nisan, atau dari musim semi hingga musim semi. Bila seorang raja baru menggantikan raja lain di atas takhta, maka bulan-bulan yang masih sisa sampai musim semi berikutnya disebut sebagai tahun naik takhta dari raja itu, dalam waktu tersebut ia menyelesaikan masa jabatan pendahulunya. Akan tetapi, masa jabatannya sendiri yang resmi dihitung mulai dari tanggal 1 Nisan berikutnya.

4 Sebagai contoh, tampaknya Salomo mulai memerintah beberapa waktu sebelum bulan Nisan tahun 1037 S.M., ketika Daud masih hidup. Tidak lama kemudian Daud wafat. (1 Raj. 1:39, 40; 2:10) Akan tetapi, tahun memerintah Daud yang terakhir masih terus berjalan sampai musim semi tahun 1037 S.M., dan masih dihitung sebagai bagian dari masa jabatannya yang 40 tahun. Sebagian tahun, mulai dari pemerintahan Salomo hingga musim semi tahun 1037 S.M., dihitung sebagai tahun naik takhta Salomo, dan itu tidak dapat dihitung sebagai tahun memerintahnya, karena ia hanya menyelesaikan masa jabatan ayahnya. Maka, tahun memerintah pertama yang penuh dari Salomo bukan dimulai pada bulan Nisan 1037 S.M. (1 Raj. 2:12) Pada waktunya, 40 tahun penuh merupakan masa Salomo memerintah sebagai raja. (1 Raj. 11:42) Dengan selalu membedakan tahun memerintah dan tahun naik takhta demikian, kita dapat menghitung kronologi Alkitab dengan saksama.

MENGHITUNG KEMBALI HINGGA PENCIPTAAN ADAM

5 Mulai Dari Tanggal yang Sangat Penting. Tanggal yang sangat penting untuk menghitung kembali waktu penciptaan Adam adalah tanggal Kores menaklukkan dinasti raja Babel, yaitu tahun 539 S.M. Kores mengeluarkan dekritnya untuk memerdekakan orang-orang Yahudi selama tahun pemerintahannya yang pertama, yaitu sebelum musim semi tahun 537 S.M. Ezra 3:1 melaporkan bahwa putra-putra Israel telah berada kembali di Yerusalem menjelang bulan yang ketujuh, Tisyri, yang sama dengan bagian-bagian dari bulan September dan Oktober. Maka musim rontok tahun 537 S.M. dianggap sebagai tanggal pemulihan ibadat Yehuwa di Yerusalem.

6 Pemulihan kembali ibadat Yehuwa pada musim rontok tahun 537 S.M. ini menandai akhir suatu masa nubuat. Masa yang mana? Yaitu masa ”tujuh puluh tahun” pada waktu Negeri Perjanjian ”menjadi tempat yang tandus,” dan mengenai ini Yehuwa juga berkata, ”Apabila telah genap tujuh puluh tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu, Aku akan menepati janjiKu itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.” (Yer. 25:11, 12; 29:10) Daniel, yang mengetahui betul nubuat ini, bertindak selaras dengan nubuat ini seraya ”tujuh puluh tahun” itu mendekati akhirnya. (Dan. 9:1-3) Maka pastilah masa ”tujuh puluh tahun” yang berakhir dalam musim rontok tahun 537 S.M., mulai pada musim rontok tahun 607 S.M. Fakta-faktanya menunjukkan hal ini. Yeremia pasal 52 melukiskan kejadian-kejadian yang bersejarah mengenai pengepungan Yerusalem, orang Babel yang berhasil mendobrak pertahanan mereka, dan penangkapan Raja Zedekia pada tahun 607 S.M. Kemudian, sebagaimana dikatakan oleh ayat 12, ”dalam bulan kelima, tanggal sepuluh,” yaitu tanggal 10 bulan Ab (yang sama dengan bagian-bagian dari bulan Juli dan Agustus), orang Babel membakar bait dan kota itu. Tetapi, ini bukanlah titik permulaan dari ”tujuh puluh tahun” itu. Sisa kedaulatan Yahudi masih terdapat dalam diri Gedalya, yang diangkat oleh raja Babel sebagai gubernur atas sisa penduduk bangsa Yahudi. ”Dalam bulan ketujuh,” Gedalya dan beberapa orang lain dibunuh, sehingga sisa dari orang-orang Yahudi lari ketakutan ke negeri Mesir. Baru pada waktu itulah, yaitu kira-kira 1 Oktober 607 S.M., negeri mereka dalam arti sepenuhnya ”tandus . . . hingga genaplah tujuh puluh tahun.”—2 Raj. 25:22-26; 2 Taw. 36:20, 21.

7 Dari 607 S.M. sampai 997 S.M. Perhitungan waktu mundur dari kejatuhan Yerusalem hingga saat pecahnya kerajaan sesudah kematian Salomo mengalami banyak kesulitan. Tetapi, perbandingan masa jabatan dari raja-raja Israel dan Yehuda seperti dicatat dalam buku Satu dan Dua Raja-Raja, menunjukkan bahwa jangka waktu ini lamanya 390 tahun. Bukti kuat bahwa ini adalah angka yang tepat terdapat dalam nubuat di Yehezkiel 4:1-13. Nubuat ini menunjukkan bahwa hal ini mengarah pada waktu manakala Yerusalem akan dikepung dan penduduknya akan dijadikan tawanan oleh bangsa-bangsa, yang terjadi pada tahun 607 S.M. Maka 40 tahun yang disebutkan di situ sehubungan dengan Yehuda berakhir dengan dihancurkannya Yerusalem. Ke-390 tahun yang disebutkan di situ sehubungan dengan Israel tidak berakhir pada waktu Samaria dimusnahkan, karena hal itu sudah lama terjadi ketika Yehezkiel mengucapkan nubuatnya itu, sedangkan nubuat ini jelas menunjuk kepada pengepungan dan penghancuran kota Yerusalem. Jadi, ”kesalahan dari rumah Israel” itu juga berakhir pada tahun 607 S.M. Dengan menghitung mundur mulai dari tahun ini, kita melihat bahwa jangka waktu 390 tahun dimulai pada tahun 997 S.M. Pada tahun itulah, sesudah wafatnya Salomo, Yerobeam memutuskan hubungan dengan keluarga Daud dan ”membuat orang Israel menyimpang dari pada mengikuti [Yehuwa] dan mengakibatkan mereka melakukan dosa yang besar.”—2 Raj. 17:21.

8 Dari 997 S.M. sampai 1513 S.M. Karena bagian akhir dari tahun memerintah terakhir dari Salomo yang lamanya 40 tahun penuh berakhir pada musim semi tahun 997 S.M., maka pasti tahun memerintah bagian pertama mulai pada musim semi 1037 S.M. (1 Raj. 11:42) Catatan Alkitab di 1 Raja 6:1, berkata bahwa Salomo mulai membangun rumah Yehuwa di Yerusalem pada bulan kedua dari tahun keempat pemerintahannya. Ini berarti tiga tahun penuh dan satu bulan penuh dari masa pemerintahannya telah berlalu. Maka tibalah kita pada bulan April-Mei tahun 1034 S.M., saat pembangunan bait dimulai. Akan tetapi, ayat yang sama menyatakan bahwa saat itu juga merupakan ”tahun yang keempat ratus delapan puluh sesudah orang Israel keluar dari tanah Mesir.” Sekali lagi ke-480 merupakan angka ordinal, yang memaksudkan 479 tahun yang penuh. Maka, kalau kita tambahkan 479 kepada 1034, kita mendapat tahun 1513 S.M. sebagai tahun ketika orang Israel keluar dari Mesir. Paragraf 19 dari Pelajaran 2 menjelaskan bahwa sejak tahun 1513 S.M., Abib (Nisan) mulai dianggap sebagai ’bulan pertama tiap-tiap tahun’ bagi Israel (Kel. 12:2) dan bahwa sebelumnya telah digunakan perhitungan tahun yang mulai pada musim rontok, yaitu mulai dengan bulan Tisyri. The New Schaff-Herzog Encyclopedia of Religous Knowledge, 1957, Jil. 12, halaman 474, mengatakan: ”Perhitungan mengenai tahun memerintah dari raja-raja itu berdasarkan tahun yang mulai dengan musim semi, dan ini sama dengan metode Babel yang berlaku.” Kapan saja perubahan mulainya tahun pada musim rontok kepada mulainya tahun pada musim semi mulai diterapkan pada jangka-jangka waktu dalam Alkitab, ini akan mengakibatkan kekurangan atau penambahan enam bulan dalam penghitungan waktu.

9 Dari 1513 S.M. sampai 1943 S.M. Dalam Keluaran 12:40, 41, Musa menulis bahwa ”lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun.” Dari susunan kata-kata di atas, nyatalah bahwa tidak seluruh ’masa berdiam’ mereka ini adalah di Mesir. Jangka waktu ini mulai ketika Abraham menyeberangi Sungai Efrat dalam perjalanannya menuju Kanaan, pada waktu perjanjian Yehuwa dengan Abraham mulai berlaku. Dua ratus lima belas tahun yang pertama dari ’masa berdiam’ adalah di negeri Kanaan, kemudian untuk jumlah tahun yang sama mereka berada di Mesir, sampai Israel akhirnya menjadi merdeka dan sama sekali tidak lagi bergantung kepada Mesir, yaitu pada tahun 1513 S.M. Catatan kaki New World Translation mengenai Keluaran 12:40 menunjukkan bahwa Septuagint Yunani, yang didasarkan atas naskah-naskah Ibrani yang lebih tua daripada naskah Masoretik, menambahkan kata-kata ”dan di negeri Kanaan” sesudah kata ”Mesir.” Demikian pula halnya dengan Pentateuch Samaria. Galatia 3:17 yang juga menyebut mengenai 430 tahun itu, membenarkan bahwa jangka waktu ini dimulai pada saat perjanjian Allah dengan Abraham disahkan, yakni pada waktu Abraham menyeberangi Sungai Efrat dalam perjalanannya ke negeri Kanaan. Maka ini terjadi pada tahun 1943 S.M., ketika Abraham berumur 75 tahun.—Kej. 12:4.

10 Bukti lain yang menunjang perhitungan di atas: Dalam Kisah 7:6 disebutkan bahwa benih Abraham menderita sengsara selama 400 tahun. Karena Yehuwa telah melepaskan mereka dari penderitaan oleh Mesir pada tahun 1513 S.M., maka masa sengsara itu tentu mulai pada tahun 1913 S.M. Ini adalah lima tahun sesudah kelahiran Ishak dan hal ini cocok dengan peristiwa Ismael ”mengolok-olok” Ishak ketika ia mulai disapih.—Kej. 15:13; 21:8, 9, Klinkert.

11 Dari 1943 S.M. sampai 2370 S.M. Kita telah melihat bahwa Abraham berumur 75 tahun ketika ia memasuki negeri Kanaan pada tahun 1943 S.M. Sekarang kita dapat menetapkan tanggal-tanggal dalam arus waktu lebih jauh lagi, sampai pada zaman Nuh. Ini dapat dihitung dengan menggunakan jangka waktu yang tersedia bagi kita dalam Kejadian 11:10 sampai 12:4. Perhitungan ini, yang berjumlah 427 tahun, dirincikan sebagai berikut:

Dari permulaan Air Bah

sampai kelahiran Arfakhsad          2 tahun

Lalu sampai kelahiran Selah           35 

Sampai kelahiran Eber               30 

Sampai kelahiran Peleg               34 

Sampai kelahiran Rehu               30 

Sampai kelahiran Serug               32 

Sampai kelahiran Nahor               30 

Sampai kelahiran Terah               29 

Sampai kematian Terah, ketika

Abraham berumur 75 tahun           205 

Jumlah                          427 tahun

Dengan menambahkan 427 tahun kepada 1943 S.M. maka sampailah kita pada tahun 2370 S.M. Dengan demikian penanggalan Alkitab menunjukkan bahwa Air Bah di zaman Nuh terjadi pada tahun 2370 S.M.

12 Dari 2370 S.M. sampai 4026 S.M. Bila kita mundur lebih jauh lagi dalam arus waktu, kita mendapati bahwa Alkitab menentukan tanggal-tanggal selama seluruh jangka waktu dari Air Bah terus sampai penciptaan Adam. Ini diteguhkan dalam Kejadian 5:3-29 dan 7:6, 11. Perhitungan waktunya dirinci di bawah ini:

Dari penciptaan Adam sampai

kelahiran Set                     130 tahun

Lalu sampai kelahiran Enos            105  

Sampai kelahiran Kenan               90  

Sampai kelahiran Mahalaleel             70  

Sampai kelahiran Yared                65  

Sampai kelahiran Henokh              162  

Sampai kelahiran Metusalah             65  

Sampai kelahiran Lamekh              187  

Sampai kelahiran Nuh                182  

Sampai Air Bah                    600  

Jumlah                          1.656 tahun

Dengan menambahkan 1.656 tahun kepada tanggal sebelumnya, yaitu tahun 2.370 S.M., kita sampai pada tahun 4026 S.M. sebagai tahun Adam diciptakan, kemungkinan pada musim gugur, karena pada kebanyakan kalender yang paling kuno, tahun dihitung mulai dari musim gugur.

13 Apa artinya ini bagi kita dewasa ini? Edisi pertama dari buku ini, yang diterbitkan pada tahun 1963, mengatakan: ”Maka, apakah ini berarti bahwa menjelang tahun 1963 kita telah maju 5.988 tahun memasuki ’hari’ manakala Yehuwa ’telah berhenti dari segala pekerjaannya’? (Kej. 2:3) Tidak, karena Adam tidak diciptakan tepat pada permulaan hari istirahat Yehuwa. Sesudah Adam diciptakan, dan masih pada hari penciptaan keenam itu, rupanya Yehuwa menciptakan binatang dan burung-burung lainnya. Juga, ia telah menyuruh Adam memberi nama binatang-binatang, yang tentu memakan sejumlah waktu, dan kemudian, ia menciptakan Hawa. (Kej. 2:18-22; lihat juga NW, Edisi 1953, catatan kaki mengenai ay. 19) Seberapa pun waktu yang telah berlalu antara saat Adam diciptakan dan akhir ’hari keenam’ harus dikurangi dari 5.988 tahun itu agar dapat diketahui panjang waktu sesungguhnya yang telah lewat dari permulaan ’hari ketujuh’ hingga [tahun 1963]. Tidak ada gunanya memakai kronologi Alkitab untuk berspekulasi mengenai tanggal-tanggal yang masih ada di masa depan kita dalam arus waktu.—Mat. 24:36.”

14 Bagaimana dengan pendapat-pendapat ilmiah yang mengatakan bahwa manusia telah ada di bumi ini selama ratusan ribu atau bahkan jutaan tahun? Tidak satu pun dari antara pendapat-pendapat demikian dapat dibuktikan melalui catatan-catatan tertulis dari zaman itu, seperti halnya dengan kejadian-kejadian Alkitab. Umur-umur fantastis yang diberikan kepada ”manusia prasejarah” didasarkan atas anggapan yang tidak bisa dibuktikan. Sebenarnya, sejarah dunia yang dapat dipercaya, disertai kronologinya, baru berumur beberapa ribu tahun saja. Bola bumi ini telah mengalami banyak perubahan dan gejolak, seperti misalnya Air Bah sedunia pada zaman Nuh, yang telah sangat mengubah lapisan-lapisan batu karang dan tempat-tempat peninggalan fosil-fosil, sehingga pernyataan yang bersifat ilmiah mengenai tanggal-tanggal sebelum Air Bah semuanya sangat berdasarkan dugaan belaka. Berbeda dengan hipotesa-hipotesa dan teori-teori manusia yang saling bertentangan itu, Alkitab lebih masuk akal dalam menceritakan riwayat yang jelas dan selaras tentang asal usul manusia dan dalam mendokumentasikan secara teliti sejarah umat pilihan Yehuwa.

15 Bila kita mempelajari Alkitab dan merenungkan pekerjaan-pekerjaan dari Pencatat Waktu yang Agung, Allah Yehuwa, kita seharusnya merasa sangat rendah hati. Sesungguhnyalah manusia yang berkematian sangat kecil dibandingkan dengan Allah yang mahakuasa, yang perbuatan-Nya yang begitu mengagumkan dalam menciptakan alam semesta ribuan tahun yang lampau, hanya dinyatakan dengan begitu sederhana dalam Alkitab: ”Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.”—Kej. 1:1.

TEMPAT TINGGAL YESUS DI BUMI

16 Keempat catatan terilham dari riwayat hidup Yesus di bumi tampaknya telah ditulis dalam urutan berikut ini: Matius (± 41 M.), Lukas (± 56-58 M.), Markus (± 60-65 M.), dan Yohanes (± 98 M.). Sebagaimana telah dijelaskan dalam pasal sebelumnya, menggunakan keterangan dalam Lukas 3:1-3 bersama dengan tanggal 14 M. sebagai tahun mulainya Kaisar Tiberius memerintah, kita mendapat tahun 29 M. sebagai titik tolak dari pelayanan Yesus yang istimewa di atas bumi ini. Meskipun kejadian-kejadian dalam Matius tidak selalu diberikan menurut urutan kronologis, pada umumnya ketiga buku lainnya mengemukakan urutan yang sebenarnya dari kejadian-kejadian bersejarah yang telah terjadi. Kejadian-kejadian ini diringkaskan dalam tabel yang terlampir. Saudara akan melihat bahwa tulisan Yohanes, yang ditulis lebih dari 30 tahun setelah buku terakhir dari ketiga injil lainnya, mengisi bagian-bagian yang penting dalam sejarah yang tidak diliput oleh ketiga penginjil lain. Yang teristimewa patut diperhatikan adalah catatan Yohanes yang menyebut tentang keempat Hari Paskah selama pelayanan Yesus di bumi, yang meneguhkan bahwa Yesus memang telah melayani selama tiga setengah tahun, yang berakhir pada tahun 33 M.—Yoh. 2:13; 5:1; 6:4; 12:1; dan 13:1.

17 Kematian Yesus pada tahun 33 M. juga didukung oleh bukti lain. Menurut Taurat Musa, 15 Nisan selalu dijadikan hari Sabat istimewa, tidak soal pada hari apa jatuhnya. Tetapi jika kebetulan jatuh tepat pada hari Sabat biasa, maka hari itu dikenal sebagai hari Sabat ”besar,” dan Yohanes 19:31 memperlihatkan bahwa Sabat yang demikian berlaku pada hari setelah Yesus wafat, yang karena itu adalah hari Jumat. Dan bukan pada tahun 31 atau 32 tetapi hanya pada tahun 33 M., tanggal 14 Nisan jatuh pada hari Jumat. Maka, pastilah kematian Yesus terjadi pada tahun 33 M.

18 ”Minggu” yang ke-70, tahun 29-36 M. Jadwal waktu dari pelayanan Yesus juga tercakup dalam Daniel 9:24-27, yang menubuatkan bahwa 69 minggu tahun (483 tahun) akan berlalu ”dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi [”Mesias,” NW], seorang raja.” Menurut Nehemia 2:1-8, firman ini keluar ”pada tahun kedua puluh dari pemerintahan raja Artahsasta,” raja Persia. Kapankah Artahsasta mulai memerintah? Ayahnya yang juga raja sebelum dia, Sasta (Xerxes), wafat pada akhir tahun 475 S.M. Jadi tahun ketika Artahsasta naik takhta mulai pada tahun 475 S.M., dan ini didukung oleh bukti yang kuat dari sumber-sumber seperti, Yunani, Persia, dan Babel. Sebagai contoh, sejarawan Yunani Thucydides (yang sangat terkenal karena kesaksamaannya) menulis tentang negarawan Yunani Themistocles yang melarikan diri ke Persia ketika Artahsasta ”baru naik takhta.” Seorang sejarawan Yunani lain dari abad pertama M, yaitu Diodorus Siculus, memungkinkan kita menetapkan tanggal kematian Themistocles pada tahun 471/470 S.M. Sesudah melarikan diri dari negerinya, Themistocles meminta izin Artahsasta untuk mempelajari dahulu bahasa Persia selama satu tahun sebelum ia menghadap raja, yang kemudian ia lakukan. Maka, menetapnya Themistocles di Persia pasti bukan sesudah tahun 472 S.M., dan saat tibanya mungkin pada tahun 473 S.M. Pada waktu itu Artahsasta ”baru naik takhta.”

19 Jadi, ”tahun kedua puluh dari pemerintahan raja Artahsasta” adalah 455 S.M. Dengan menghitung 483 tahun (69 ”minggu”) mulai dari tahun ini, dan mengingat bahwa tidak ada tahun nol dalam peralihan ke tahun Masehi, sampailah kita pada tahun 29 M. sebagai tahun ketika ”yang diurapi [”Mesias,” NW], seorang raja” muncul. Yesus menjadi Mesias ketika ia dibaptis dan diurapi dengan roh suci pada musim gugur tahun itu. Nubuat tersebut juga menunjukkan bahwa ”pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan.” Hal ini terjadi ketika korban-korban dari orang Yahudi sudah tidak berlaku lagi karena Yesus mengorbankan dirinya sendiri. ”Pertengahan” dari ”minggu” tahun ini membawa kita melintasi tiga setengah tahun sampai musim semi tahun 33 M., pada waktu Yesus dibunuh. Akan tetapi, ”Raja itu akan membuat perjanjian teguh dengan banyak orang” (BIS) selama seluruh minggu yang ke-70. Ini menunjukkan bahwa perkenan istimewa dari Yehuwa masih terus ditujukan kepada orang-orang Yahudi selama tujuh tahun dari 29 M. sampai 36 M. Hanya setelah itu, kesempatan mulai dibuka bagi orang dari bangsa-bangsa yang tidak bersunat untuk menjadi orang Israel rohani, seperti diperlihatkan dengan bertobatnya Kornelius pada tahun 36 M.—Kis. 10:30-33, 44-48; 11:1.

MENETAPKAN TAHUN-TAHUN PADA ZAMAN RASUL-RASUL

20 Antara tahun 33 M. dan 49 M. Tahun 44 M. dapat diterima sebagai tanggal yang bermanfaat untuk masa ini. Menurut Josephus (Jewish Antiquities, XIX, 351 [viii, 21]), Herodes Agripa I memerintah selama tiga tahun sesudah Kaisar Klaudius dari Roma naik takhta (pada tahun 41 M.). Bukti sejarah menunjukkan bahwa Herodes meninggal pada tahun 44 M. Dengan melihat catatan Alkitab, kita mendapati hanya beberapa waktu sebelum kematian Herodes, Agabus bernubuat ”oleh kuasa Roh” mengenai bala kelaparan besar yang akan datang, bahwa rasul Yakobus dihukum mati, dan bahwa Petrus dipenjarakan (menjelang hari Paskah) dan secara ajaib dibebaskan. Semua kejadian ini dapat kita tetapkan telah terjadi pada tahun 44 M.—Kis. 11:27, 28; 12:1-11, 20-23.

21 Bala kelaparan yang dinubuatkan itu datang kira-kira pada tahun 46 M. Rupanya kira-kira pada waktu ini, Paulus dan Barnabas ”kembali dari Yerusalem, setelah mereka menyelesaikan tugas pelayanan mereka.” (Kis. 12:25) Setelah kembali ke Antiokhia di Siria, mereka dipisahkan oleh roh suci untuk mengadakan perjalanan utusan injil yang pertama, menjelajahi Siprus dan banyak kota dan distrik di Asia Kecil. Perjalanan ini mungkin berlangsung dari musim semi tahun 47 M. hingga musim gugur 48 M., dengan satu kali berada di Asia Kecil pada musim dingin. Rupanya Paulus melewatkan musim dingin berikutnya di Antiokhia di Siria, maka tibalah kita pada musim semi tahun 49 M.—Kis. 13:1–14:28.

22 Catatan dalam Galatia pasal 1 dan 2 tampaknya cocok dengan perhitungan waktu ini. Di sini Paulus menyebut bahwa ia telah mengadakan dua kunjungan istimewa ke Yerusalem setelah pertobatannya, yang pertama ”tiga tahun kemudian” dan yang lainnya ”setelah lewat empat belas tahun.” (Gal. 1:17, 18; 2:1) Jika dua jangka waktu ini dianggap sebagai jangka waktu ordinal, menurut kebiasaan orang di zaman itu, dan jika pertobatan Paulus itu adalah pada permulaan zaman para rasul, sebagaimana yang diperlihatkan oleh catatan, maka kita dapat menghitung 3 tahun dan 14 tahun itu adalah 34-36 M. dan 36-49 M.

23 Kunjungan Paulus yang kedua ke kota Yerusalem yang disebutkan dalam Galatia tampaknya ada hubungan dengan persoalan sunat, karena bahkan Titus yang menyertai Paulus dikatakan tidak diharuskan untuk disunat. Jika ini sama dengan kunjungan yang dilakukan untuk mendapatkan keputusan badan pimpinan mengenai sunat, sebagaimana dikatakan dalam Kisah 15:1-35, maka tahun 49 M. cocok karena terletak antara perjalanan utusan injil Paulus yang pertama dan kedua. Selain itu, menurut Galatia 2:1-10, Paulus menggunakan kesempatan itu untuk mengemukakan kepada ”mereka yang terpandang” dari sidang Yerusalem tentang kabar baik yang sedang ia kabarkan, ’supaya jangan dengan percuma ia berusaha.’ Logis sekali bagi Paulus untuk melaporkan kepada mereka mengenai perjalanan utusan injilnya yang pertama sekali. Paulus melakukan kunjungan ke Yerusalem ini ”berdasarkan suatu penyataan.”

24 Perjalanan Utusan Injil Paulus yang Kedua, kira-kira 49-52 M. Setelah kembali dari Yerusalem, Paulus tinggal beberapa waktu di Antiokhia di Siria; maka pasti musim panas tahun 49 M. sudah berlangsung beberapa waktu lamanya ketika ia meninggalkan kota itu untuk memulai perjalanan yang kedua. (Kis. 15:35, 36) Perjalanan ini lebih jauh daripada yang pertama, dan ia harus singgah di Asia Kecil selama musim dingin. Kemungkinan pada musim semi tahun 50 M. ia menyambut pangggilan ke Makedonia dan menyeberang ke benua Eropa. Lalu ia mengabar dan mengorganisasi sidang-sidang baru di Filipi, Tesalonika, Berea, dan Atena. Akhirnya ia tiba di Korintus, di propinsi Akhaya, pada musim gugur 50 M., setelah menempuh perjalanan sejauh kira-kira 2.090 kilometer, sebagian besar dengan berjalan kaki. (Kis. 16:9, 11, 12; 17:1, 2, 10, 11, 15, 16; 18:1) Menurut Kisah 18:11, Paulus tinggal di sana selama 18 bulan, maka sampailah kita pada permulaan tahun 52 M. Dengan berlalunya musim dingin, Paulus dapat berlayar menuju Kaisarea melalui Efesus. Setelah pergi menemui jemaat, rupanya di Yerusalem, ia tiba kembali di kota pangkalannya yakni Antiokhia di Siria, mungkin pada musim panas tahun 52 M.—Kis. 18:12-22.

25 Suatu penemuan arkeologi mendukung tahun 50-52 M. sebagai waktu kunjungan Paulus yang pertama ke Korintus. Ini adalah fragmen dari sebuah tulisan, yaitu sebuah dekrit dari Kaisar Klaudius yang ditujukan kepada orang-orang Delfia di Yunani, yang berisi kata-kata ”[Lucius Ju]nius, Galio, . . . gubernur.” Sejarawan pada umumnya setuju bahwa angka 26, yang juga ditemukan dalam teks itu, menunjukkan Klaudius telah dilantik sebagai kaisar untuk yang ke-26 kali. Tulisan-tulisan lain yang ditemukan memperlihatkan bahwa Klaudius telah dinyatakan sebagai kaisar untuk yang ke-27 kali sebelum tanggal 1 Agustus 52 S.M. Masa jabatan seorang gubernur berlangsung selama satu tahun, dan biasanya mulai dengan musim panas. Maka, tahun di mana Galio menjadi gubernur di Akhaya tentunya mulai dari musim panas 51 M. hingga musim panas 52 M. ”Akan tetapi setelah Galio menjadi gubernur di Akhaya, bangkitlah orang-orang Yahudi bersama-sama melawan Paulus, lalu membawa dia ke depan pengadilan.” Setelah Galio melepaskan Paulus, rasul itu tinggal ”beberapa hari lagi,” dan kemudian ia berlayar ke Siria. (Kis. 18:11, 12, 17, 18) Semua ini membenarkan bahwa musim semi tahun 52 M. adalah waktu berakhirnya kunjungan Paulus di Korintus selama 18 bulan. Catatan lain terdapat dalam keterangan bahwa ketika Paulus tiba di Korintus, ia ”berjumpa dengan seorang Yahudi bernama Akwila, yang berasal dari Pontus. Ia baru datang dari Italia dengan Priskila, isterinya, karena kaisar Klaudius telah memerintahkan, supaya semua orang Yahudi meninggalkan Roma.” (Kis. 18:2) Menurut sejarawan Paulus Orosius, dari permulaan abad kelima, perintah pengusiran ini dikeluarkan pada tahun kesembilan pemerintahan Klaudius, yaitu pada tahun 49 M. atau pada awal tahun 50 M. Maka, Akwila dan Priskila bisa jadi tiba di Korintus beberapa waktu sebelum musim gugur tahun itu, dan hal itu cocok dengan waktu ketika Paulus tinggal di sana, yaitu dari musim gugur tahun 50 M. sampai musim semi tahun 52 M.

26 Perjalanan Utusan Injil Paulus yang Ketiga, ± 52-56 M. Setelah lewat ”beberapa waktu” di Antiokhia di Siria, Paulus mengadakan perjalanan kembali ke Asia Kecil, dan rupanya ia tiba di Efesus menjelang musim salju tahun 52-53 M. (Kis. 18:23, NW; 19:1) Paulus mengajar di Efesus ”selama tiga bulan” dan kemudian ”dua tahun” lamanya, dan setelah itu ia berangkat ke Makedonia. (Kis. 19:8-10) Belakangan, ia mengingatkan para pengawas dari Efesus bahwa ia telah melayani di antara mereka ”selama tiga tahun,” tetapi sangat mungkin ini merupakan angka yang telah dibulatkan. (Kis. 20:31) Rupanya Paulus meninggalkan Efesus setelah ”hari raya Pentakosta” pada awal tahun 55 M., dan meneruskan perjalanan jauh ke Korintus, Yunani, tepat pada waktunya untuk tinggal di sana selama tiga bulan pada musim dingin. Lalu ia kembali ke arah utara sejauh Filipi menjelang waktu Paskah tahun 56 M. Dari sana ia berlayar melalui Troas dan Miletus menuju Kaisarea dan pergi sampai ke Yerusalem, menjelang hari Pentakosta tahun 56 M.—1 Kor. 16:5-8; Kis. 20:1-3, 6, 15, 16; 21:8, 15-17.

27 Tahun-Tahun Terakhir, 56-100 M. Tidak lama sesudah ia tiba di Yerusalem, Paulus ditangkap. Ia dibawa ke Kaisarea dan dipenjarakan selama dua tahun di sana, sampai Feliks digantikan oleh Festus sebagai gubernur. (Kis. 21:33; 23:23-35; 24:27) Tahun tibanya Festus dan tahun ketika Paulus berangkat ke Roma adalah tahun 58 M. Setelah Paulus mengalami karam kapal dan musim dingin di Malta, perjalanan berakhir pada tahun 59 M., dan catatan menunjukkan bahwa ia tetap dalam keadaan tertawan di Roma, mengabar dan mengajar selama dua tahun, atau sampai kira-kira tahun 61 M.—Kis. 27:1; 28:1, 11, 16, 30, 31.

28 Meskipun catatan sejarah dari buku Kisah berakhir sampai di sini, terdapat petunjuk-petunjuk bahwa Paulus kemudian dilepaskan dan melanjutkan perjalanan penginjilannya, berkunjung ke Kreta, Yunani, dan Makedonia. Tidak diketahui apakah ia telah pergi sampai sejauh Spanyol. Kemungkinan Paulus mati sebagai martir di tangan Kaisar Nero tidak lama setelah ia dipenjarakan terakhir kali di Roma kira-kira pada tahun 65 M. Sejarah dunia menyebutkan bulan Juli 64 M. sebagai tanggal terjadinya kebakaran besar di kota Roma, sesudah itu Nero mulai menindas umat Kristiani. Penghukuman Paulus di dalam ”penjara” [”dirantai,” NW] dan fakta bahwa ia dihukum mati cocok dengan jangka waktu ini.—2 Tim. 1:16; 4:6, 7.

29 Kelima buku rasul Yohanes ditulis pada akhir suatu masa pengejaran yang dilancarkan oleh Kaisar Domitian. Ia telah bertindak seperti orang gila selama tiga tahun terakhir dari pemerintahannya, yang berlangsung selama tahun 81-96 M. Ketika berada dalam pembuangan di Pulau Patmos, Yohanes menulis buku Wahyu, kira-kira tahun 96 M. Injilnya dan ketiga suratnya menyusul kemudian dari Efesus atau daerah sekitarnya setelah ia dibebaskan. Rasul yang terakhir ini meninggal kira-kira tahun 100 M.

30 Jelas bahwa dengan membandingkan peristiwa-peristiwa sejarah dunia dengan kronologi dan nubuat dalam Alkitab, kita dibantu untuk dapat membayangkan lebih jelas kapan terjadinya peristiwa-peristiwa Alkitab dalam arus waktu. Keselarasan dari kronologi Alkitab menambah keyakinan kita bahwa Kitab Suci adalah Firman Allah.

[Catatan Kaki]

Dalam mempelajari pasal ini, akan sangat membantu untuk melihat petunjuk dalam Insight on the Scriptures, Jil. 1, halaman 458-67.

Pelajaran 2, paragraf 28, 29.

Dari saat Abraham menyeberangi Sungai Efrat sampai kelahiran Ishak lamanya 25 tahun; selanjutnya sampai kelahiran Yakub 60 tahun; Yakub berumur 130 tahun ketika ia pindah ke Mesir.—Kej. 12:4; 21:5; 25:26; 47:9.

Pada tahun 1990, waktu yang telah berlalu ini harus dikurangi dari 6.015 tahun.

Awake!, 22 September 1986, halaman 17-27; 8 April 1972, halaman 5-20.

Insight on the Scriptures, Jil. 2, halaman 57-58.

Watchtower, 1976, halaman 247; 1959, halaman 489-92.

Insight on the Scriptures, Jil. 2, halaman 614-16.

Insight on the Scriptures, Jil. 2, halaman 899-904.

The New Encylopœdia Britannica, 1987, Jil. 5, halaman 880.

Insight on the Scriptures, Jil. 2, halaman 747.

Insight on the Scriptures, Jil. 2, halaman 747.

Insight on the Scriptures, Jil. 1, halaman 476, 886.

Insight on the Scriptures, Jil. 2, halaman 747.

Analytical Concordance to the Bible dari Young, halaman 342, di bawah judul ”Festus.”

Notes on the Book of Revelation, 1852, oleh Albert Barnes, halaman xxix, xxx.

[Pertanyaan Pelajaran]
 1. (a) Apa yang menunjukkan bahwa Yehuwa dengan saksama berpegang kepada waktu? (b) Kemajuan apa yang telah dibuat dalam pengertian mengenai kronologi Alkitab?

 2. Berikan satu contoh caranya menghitung dengan angka ordinal.

 3. (a) Arsip-arsip Negara apa menolong kita untuk menentukan tanggal-tanggal Alkitab? (b) Apa gerangan tahun memerintah dan apa yang dimaksud dengan tahun naik takhta?

 4. Perlihatkan bagaimana kronologi Alkitab dapat dihitung berdasarkan tahun-tahun memerintah.

 5. Bagaimana tanggal pemulihan ibadat kepada Yehuwa di Yerusalem ditetapkan?

 6. (a) Masa nubuat apa berakhir pada musim gugur tahun 537 S.M.? (b) Kapan masa itu mulai berjalan, dan bagaimana fakta-fakta mendukung hal ini?

 7. (a) Bagaimana kita dapat menghitung mundur tahun-tahun sampai kepada perpecahan kerajaan setelah kematian Salomo? (b) Bagaimana hal ini didukung oleh nubuat Yehezkiel?

 8. (a) Bagaimana kita menghitung mundur tahun-tahun hingga waktu keluarnya Israel dari negeri Mesir? (b) Perubahan apa mempengaruhi kronologi Alkitab pada waktu ini?

 9. (a) Bagaimana menghitung waktu sampai saat perjanjian dengan Abraham mulai berlaku? (b) Bagaimana menghitung 215 tahun pertama dari masa ini? (c) Berapa umur Abraham ketika ia menyeberangi Sungai Efrat dalam perjalanannya ke Kanaan?

10. Bukti lain mana mendukung kronologi tentang zaman Abraham?

11. Bagaimana penanggalan Alkitab membawa kita kembali kepada waktu Air Bah?

12. Bagaimana perhitungan waktu sampai kepada penciptaan Adam?

13. (a) Kalau begitu, sudah berapa lamakah sejarah umat manusia di bumi? (b) Mengapa hal ini tidak cocok dengan panjangnya hari perhentian Yehuwa?

14. Mengapa catatan Alkitab mengenai asal usul manusia lebih dapat dipercaya daripada hipotesa-hipotesa dan teori-teori manusia?

15. Bagaimana hendaknya pengajaran Alkitab mempengaruhi kita?

16. (a) Dalam urutan bagaimana keempat injil telah ditulis? (b) Bagaimana kita dapat menetapkan tanggal mulainya Yesus melayani? (c) Bagaimana urutan kejadian-kejadian dalam masing-masing injil, dan apa yang patut diperhatikan dalam tulisan Yohanes?

17. Bukti lain apa mendukung tanggal kematian Yesus?

18. (a) Apa nubuat Daniel sehubungan dengan 69 ”minggu”? (b) Menurut Nehemia, kapan mulainya masa ini? (c) Bagaimana kita sampai pada tahun ketika Artahsasta mulai memerintah?

19. (a) Dengan menghitung mulai dari ”tahun kedua puluh pemerintahan Artahsasta,” bagaimana kita menetapkan tahun munculnya Mesias? (b) Bagaimana nubuat tentang 70 ”minggu” tergenap mulai dari tahun itu?

20. Bagaimana sejarah dunia bersama catatan Alkitab menentukan tanggal kematian Herodes dan kejadian-kejadian sebelumnya?

21. Atas dasar apa kita dapat menentukan perkiraan tanggal perjalanan utusan injil Paulus yang pertama?

22. Bagaimana kita dapat menetapkan tahun berapa terjadinya kedua kunjungan Paulus ke Yerusalem yang disebut dalam Galatia pasal 1 dan 2?

23. Bukti apa yang menunjukkan bahwa baik Galatia pasal 2 maupun Kisah pasal 15 menunjuk kepada kunjungan Paulus ke Yerusalem pada tahun 49 M.?

24. Selama tahun-tahun berapa Paulus melakukan perjalanannya yang kedua, dan mengapa kita tidak ragu bahwa ia baru sampai di Korintus menjelang akhir tahun 50 M.?

25. (a) Bagaimana arkeologi membenarkan tahun 50-52 M. sebagai waktu kunjungan Paulus yang pertama ke Korintus? (b) Bagaimana ini cocok dengan fakta bahwa Akwila dan Priskila ”baru datang dari Italia”?

26. Tahun-tahun berapa menandakan tahap yang berurutan dari perjalanan utusan injil Paulus yang ketiga?

27. Bagaimana kita menetapkan kapan terjadinya peristiwa-peristiwa hingga selesainya masa pemenjaraan Paulus yang pertama di Roma?

28. Bagaimana kita secara logis dapat menetapkan peristiwa-peristiwa terakhir dalam kehidupan Paulus?

29. Kapan berakhirnya zaman para rasul, dan dengan tulisan buku-buku Alkitab yang mana?

30. Manfaat apa diperoleh dari penyelidikan tentang kronologi Alkitab ini?

[Tabel di hlm. 287]

BAGAN TANGGAL-TANGGAL SEJARAH YANG PENTING Alkitab.

BAGAN TANGGAL-TANGGAL SEJARAH YANG PENTING

Singkatan-singkatan: s. untuk ”sesudah”; sb. untuk ”sebelum”; ± untuk ”kira-kira.”

Tanggal                Peristiwa               Acuan

4026 S.M.       Adam diciptakan                Kej. 2:7

s. 4026 S.M.    Perjanjian di Eden dibuat,     Kej. 3:15

                 nubuat pertama

sb. 3896 S.M.   Kain membunuh Habel            Kej. 4:8

3896 S.M.       Kelahiran Set                  Kej. 5:3

3404 S.M.       Kelahiran Henokh yang benar    Kej. 5:18

3339 S.M.       Kelahiran Metusalah            Kej. 5:21

3152 S.M.       Kelahiran Lamekh               Kej. 5:25

3096 S.M.       Kematian Adam                  Kej. 5:5

3039 S.M.       Henokh digaibkan; akhir masa   Kej. 5:23, 24;

                 ia bernubuat                   Yud. 14

2970 S.M.       Kelahiran Nuh                  Kej. 5:28, 29

2490 S.M.       Pernyataan hukuman Allah atas  Kej. 6:3

                 umat manusia

2470 S.M.       Kelahiran Yafet                Kej. 5:32; 9:24; 10:21

2468 S.M.       Kelahiran Sem                  Kej. 7:11; 11:10

2370 S.M.       Kematian Metusalah             Kej. 5:27

                Air Bah turun (pada musim      Kej. 7:6, 11

                 gugur)

2369 S.M.       Perjanjian yang dibuat         Kej. 8:13; 9:16

                 setelah Air Bah

2368 S.M.       Kelahiran Arpakhsad            Kej. 11:10

s. 2269 S.M.    Pembangunan Menara Babel       Kej. 11:4

2020 S.M.       Kematian Nuh                   Kej. 9:28, 29

2018 S.M.       Kelahiran Abraham              Kej. 11:26, 32; 12:4

1943 S.M.      Abraham menyeberangi Sungai    Kej. 12:4, 7;

                 Efrat dalam perjalanannya      Kel. 12:40;

                 ke Kanaan; Perjanjian          Gal. 3:17

                 dengan Abraham disahkan;

                 permulaan masa 430 tahun

                 dari perjanjian Taurat

sb. 1933 S.M.   Lot diselamatkan; Abraham      Kej. 14:16, 18; 16:3

                 mengunjungi Melkisedek

1932 S.M.       Ismael lahir                   Kej. 16:15, 16

1919 S.M.       Perjanjian sunat dibuat        Kej. 17:1, 10, 24

                Penghukuman atas Sodom         Kej. 19:24

                 dan Gomora

1918 S.M.       Kelahiran Ishak, ahli waris    Kej. 21:2, 5;

                 tunggal; permulaan            Kis. 13:17-20

                 ’kira-kira 450 tahun’

1913 S.M.       Ishak disapih; Ismael diusir;  Kej. 21:8; 15:13;

                 mulainya 400 tahun             Kis. 7:6

                 penderitaan

1881 S.M.       Kematian Sara                  Kej. 17:17; 23:1

1878 S.M.       Perkawinan Ishak dan Ribka     Kej. 25:20

1868 S.M.       Kematian Sem                   Kej. 11:11

1858 S.M.       Kelahiran Esau dan Yakub       Kej. 25:26

1843 S.M.       Kematian Abraham               Kej. 25:7

1818 S.M.       Esau mengawini dua istrinya    Kej. 26:34

                 yang pertama

1795 S.M.       Kematian Ismael                Kej. 25:17

1781 S.M.       Yakub lari ke Haran;           Kej. 28:2, 13, 19

                 penglihatannya di Betel

1774 S.M.       Yakub mengawini Lea dan Rahel  Kej. 29:23-30

1767 S.M.       Kelahiran Yusuf                Kej. 30:23, 24

1761 S.M.       Yakub kembali ke Kanaan        Kej. 31:18, 41

                 dari Haran

± 1761 S.M.     Yakub bergumul dengan          Kej. 32:24-28

                 malaikat; diberi nama Israel

1750 S.M.       Yusuf dijual menjadi budak     Kej. 37:2, 28

                 oleh saudara-saudaranya

1738 S.M.       Kematian Ishak                 Kej. 35:28, 29

1737 S.M.       Yusuf diangkat menjadi         Kej. 41:40, 46

                 penguasa atas Mesir

1728 S.M.       Yakub dengan seluruh           Kej. 45:6; 46:26; 47:9

                 keluarganya pindah ke Mesir

1711 S.M.       Kematian Yakub                 Kej. 47:28

1657 S.M.       Kematian Yusuf                 Kej. 50:26

sb. 1613 S.M.   Pencobaan Ayub                 Ayb. 1:8; 42:16

s. 1600 S.M.    Mesir yang terkemuka sebagai   Kel. 1:8

                 kuasa dunia pertama

1593 S.M.       Kelahiran Musa                 Kel. 2:2, 10

1553 S.M.       Musa menjadi penyelamat; lari  Kel. 2:11, 14, 15;

                 ke Midian                      Kis. 7:23

± 1514 S.M.     Musa di semak duri yang        Kel. 3:2

                 bernyala

1513 S.M.       Paskah; orang Israel           Kel. 12:12;

                 meninggalkan Mesir;            14:27, 29, 30;

                 pembebasan melalui              Kej. 15:13, 14

                 Laut Merah; kekuasaan Mesir

                 dipatahkan; akhir dari

                 masa 400 tahun penderitaan

                Perjanjian Taurat dibuat di    Kel. 24:6-8

                 G. Sinai (Horeb)

                Akhir masa 430 tahun sejak     Gal. 3:17; Kel. 12:40

                 pengesahan perjanjian Abraham

                Musa menyusun buku Kejadian    Yoh. 5:46

                 di padang gurun; Alkitab

                 mulai ditulis

1512 S.M.       Tabernakel selesai dibangun    Kel. 40:17

                Pentahbisan imamat Harun       Im. 8:34-36

                Musa selesai menyusun buku     Im. 27:34; Bil. 1:1

                 Keluaran dan Imamat

± 1473 S.M.     Musa selesai menyusun buku     Ayb. 42:16, 17

                 Ayub

1473 S.M.       Musa selesai menyusun buku     Bil. 35:1; 36:13

                 Bilangan di Dataran Moab

                Perjanjian dengan Israel di    Ul. 29:1

                 Moab

                Musa menulis buku Ulangan      Ul. 1:1, 3

                Musa meninggal di atas         Ul. 34:1, 5, 7

                 G. Nebo di Moab

                Israel masuk Kanaan di bawah   Yos. 4:19

                 pimpinan Yosua

1467 S.M.       Penaklukan sebagian besar      Yos. 11:23; 14:7, 10-15

                 negeri itu selesai; akhir

                 dari masa yang ’kira-kira

                 450 tahun’ dari Kisah 13:17, 20

± 1450 S.M.     Buku Yosua selesai ditulis     Yos. 1:1; 24:26

                Kematian Yosua                 Yos. 24:29

1117 S.M.       Samuel mengurapi Saul sebagai  1 Sam. 10:24; Kis. 13:21

                 raja Israel

1107 S.M.       Kelahiran Daud di Betlehem     1 Sam. 16:1

± 1100 S.M.     Samuel selesai menulis buku    Hak. 21:25

                  Hakim-Hakim

± 1090 S.M.     Samuel selesai menulis buku    Rut 4:18-22

                 Rut

± 1078 S.M.     Buku 1 Samuel selesai ditulis  1 Sam. 31:6

1077 S.M.       Daud menjadi raja Yehuda di    2 Sam. 2:4

                Hebron

1070 S.M.       Daud menjadi raja seluruh      2 Sam. 5:3-7

                 Israel; menjadikan Yerusalem

                 ibukotanya

s. 1070 S.M.  Tabut dibawa masuk ke            2 Sam. 6:15; 7:12-16

                 Yerusalem; perjanjian

                 kerajaan dibuat dengan Daud

± 1040 S.M.     Gad dan Natan selesai menulis  2 Sam. 24:18

                 buku 2 Samuel

1037 S.M.       Salomo menggantikan Daud       1 Raj. 1:39; 2:12

                 sebagai raja Israel

1034 S.M.       Pembangunan bait Salomo        1 Raj. 6:1

                 dimulai

1027 S.M.       Bait di Yerusalem selesai      1 Raj. 6:38

                 dibangun

± 1020 S.M.     Salomo selesai menulis buku    Kid. 1:1

                 Kidung Agung

sb. 1000 S.M.   Salomo selesai menulis buku    Pkh. 1:1

                 Pengkhotbah

997 S.M.        Rehabeam menggantikan Salomo,  1 Raj. 11:43; 12:19, 20

                 kerajaan terpecah dua;

                 Yeroboam mulai memerintah

                 sebagai raja Israel

993 S.M.        Sisak menyerang Yehuda dan     1 Raj. 14:25, 26

                 merampas harta dari bait

980 S.M.        Abiam (Abiah) menggantikan     1 Raj. 15:1, 2

                 Rehabeam sebagai raja Yehuda

977 S.M.        Asa menggantikan Abiam         1 Raj. 15:9, 10

                 sebagai Raja Yehuda

± 976 S.M.      Nadab menggantikan Yerobeam    1 Raj. 14:20

                 sebagai raja Israel

± 975 S.M.      Baesa menggantikan Nadab       1 Raj. 15:33

                 sebagai raja Israel

± 952 S.M.      Ela menggantikan Baesa         1 Raj. 16:8

                 sebagai raja Israel

± 951 S.M.      Zimri menggantikan Ela         1 Raj. 16:15

                 sebagai raja Israel

                Tibni dan Omri menggantikan    1 Raj. 16:21

                 Zimri sebagai raja Israel

± 947 S.M.      Omri memerintah sendiri        1 Raj. 16:22, 23

                 sebagai raja Israel

± 940 S.M.      Ahab menggantikan Omri         1 Raj. 16:29

                 sebagai raja Israel

936 S.M.        Yosafat menggantikan Asa       1 Raj. 22:41, 42

                 sebagai raja Yehuda

± 919 S.M.      Ahazia menggantikan Ahab       1 Raj. 22:51, 52

                 sebagai satu-satunya

                 raja Israel

± 917 S.M.      Yoram dari Israel              2 Raj. 3:1

                 menggantikan Ahazia sebagai

                 raja tunggal

913 S.M.        Yoram dari Yehuda ”menjadi     2 Raj. 8:16, 17

                 raja,” bersama Yosafat

± 906 S.M.      Ahazia menggantikan Yoram      2 Raj. 8:25, 26

                 sebagai raja Yehuda

± 905 S.M.      Ratu Atalya merebut takhta     2 Raj. 11:1-3

                 kerajaan Yehuda

                Yehu menggantikan Yoram        2 Raj. 9:24, 27; 10:36

                 sebagai raja Israel

898 S.M.        Yoas menggantikan Ahazia       2 Raj. 12:1

                 sebagai raja Yehuda

876 S.M.        Yoas menggantikan Yehu         2 Raj. 13:1

                 sebagai raja Israel

± 859 S.M.      Yehu menggantikan Yoahas       2 Raj. 13:10

                 sebagai satu-satunya

                 raja Israel

858 S.M.        Amazia menggantikan Yoas       2 Raj. 14:1, 2

                 sebagai raja Yehuda

± 844 S.M.      Yerobeam II menggantikan Yoas  2 Raj. 14:23

                 sebagai raja Israel

                Yunus selesai menulis          Yun. 1:1, 2

                 buku Yunus

829 S.M.        Uzia (Azarya) menggantikan     2 Raj. 15:1, 2

                 Amazia sebagai raja Yehuda

± 820 S.M.      Kemungkinan buku Yoel ditulis     Yl. 1:1

± 804 S.M.      Amos selesai menulis buku      Amos 1:1

                 Amos

± 792 S.M.      Zakharia memerintah sebagai    2 Raj. 15:8

                 raja Israel (6 bulan)

± 791 S.M.      Salum menggantikan Zakharia    2 Raj. 15:13, 17

                 sebagai raja Israel

                Menahem menggantikan Salum

                 sebagai raja Israel

± 780 S.M.      Pekahya menggantikan Menahem   2 Raj. 15:23

                 sebagai raja Israel

± 778 S.M.      Pekah menggantikan Pekahya     2 Raj. 15:27

                 sebagai raja Israel

± 778 S.M.      Yesaya mulai bernubuat         Yes. 1:1; 6:1

777 S.M.        Yotam menggantikan Uzia        2 Raj. 15:32, 33

                 (Azarya) sebagai raja Yehuda

± 761 S.M.      Ahas menggantikan Yotam        2 Raj. 16:1, 2

                 sebagai raja Yehuda

± 758 S.M.      Hosea ’mulai memerintah’       2 Raj. 15:30

                 sebagai raja Israel

745 S.M.        Hizkia menggantikan Ahas       2 Raj. 18:1, 2

                 sebagai raja Yehuda

s. 745 S.M.     Hosea selesai menulis buku     Hos. 1:1

                 Hosea

740 S.M.        Asyur taklukkan Israel,        2 Raj. 17:6, 13, 18

                 merebut Samaria

732 S.M.        Sanherib menyerbu negeri       2 Raj. 18:13

                 Yehuda

s. 732 S.M.     Yesaya selesai menulis buku    Yes. 1:1

                 Yesaya

sb. 717 S.M.    Mikha selesai menulis buku     Mi. 1:1

                 Mikha

± 717 S.M.      Penyusunan buku Amsal selesai  Ams. 25:1

716 S.M.        Manasye menggantikan Hizkia    2 Raj. 21:1

                 sebagai raja Yehuda

661 S.M.        Amon menggantikan Manasye      2 Raj. 21:19

                 sebagai raja Yehuda

659 S.M.        Yosia menggantikan Amon        2 Raj. 22:1

                 sebagai raja Yehuda

sb. 648 S.M.    Zefanya selesai menulis        Zef. 1:1

                 buku Zefanya

647 S.M.        Yeremia diangkat sebagai nabi  Yer. 1:1, 2, 9, 10

sb. 632 S.M.    Nahum selesai menulis buku     Nah. 1:1

                 Nahum

632 S.M.        Niniwe jatuh dalam kekuasaan   Nah. 3:7

                 orang-orang Kasdim dan Media

                Babilon sekarang sedang

                  bertumbuh menjadi kuasa dunia

                  ketiga

628 S.M.        Yoahas, pengganti Yosia,       2 Raj. 23:31

                 memerintah sebagai

                 raja Yehuda

                Yoyakim menggantikan Yoahas    2 Raj. 23:36

                 sebagai raja Yehuda

± 628 S.M.      Habakuk selesai menulis buku   Hab. 1:1

                 Habakuk

625 S.M.        Nebukadnezar (II) menjadi      Yer. 25:1.

                 raja Babel; tahun pertama

                 pemerintahan dihitung dari

                 bulan Nisan 624 S.M.

620 S.M.        Nebukadnezar mengangkat        2 Raj. 24:1

                 Yoyakim sebagai raja

                 pembayar upeti

618 S.M.        Yoyakhin menjadi raja          2 Raj. 24:6, 8

                 menggantikan Yoyakim di Yehuda

617 S.M.        Nebukadnezar membawa           Dan. 1:1-4;

                 tawanan-tawanan Yahudi yang

                 pertama ke Babel

                Zedekia dijadikan raja Yehuda  2 Raj. 24:12-18

613 S.M.        Yehezkiel mulai bernubuat      Yeh. 1:1-3

609 S.M.        Nebukadnezar menyerang Yehuda  2 Raj. 25:1, 2

                 untuk yang ketiga kali;

                 mulai mengepung Yerusalem

607 S.M.        Bulan kelima (Ab), bait        2 Raj. 25:8-10;

                 dibakar dan Yerusalem         Yer. 52:12-14

                 dibinasakan

                Bulan ketujuh, orang-orang     2 Raj. 25:25, 26;

                 Yahudi meninggalkan Yehuda;    Luk. 21:24

                 ”zaman bangsa-bangsa” mulai

                 dihitung

                Yeremia menulis buku Ratapan   Rat. kata pengantar, LXX

± 607 S.M.      Obaja menulis buku Obaja       Ob. 1

± 591 S.M.      Yehezkiel selesai menulis      Yeh. 40:1; 29:17

                 buku Yehezkiel

580 S.M.        Buku 1 dan 2 Raja-Raja dan     Yer. 52:31; 2 Raj. 25:27

                 Yeremia selesai ditulis

539 S.M.        Babel jatuh ke tangan orang    Dan. 5:30–6:1

                 Media dan Persia; Media-Persia

                 menjadi kuasa dunia keempat

537 S.M.        Dekrit Kores, raja Persia,     2 Taw. 36:22, 23;

                 mengizinkan orang-orang       Yer. 25:12; 29:10

                 Yahudi untuk kembali ke

                 Yerusalem; 70 tahun

                 disunyisenyapkannya Yerusalem

                 berakhir

± 536 S.M.      Daniel selesai menulis buku    Dan. 10:1

                 Daniel

536 S.M.        Dasar bait Allah diletakkan    Ezr. 3:8-10

                 oleh Zerubabel

522 S.M.        Pekerjaan pembangunan bait     Ezr. 4:23, 24

                 Allah dilarang

520 S.M.        Hagai selesai menulis buku     Hag. 1:1

                 Hagai

518 S.M.        Zakharia selesai menulis buku  Za. 1:1

                 Zakharia

515 S.M.        Zerubabel selesai membangun    Ezr. 6:14, 15

                 bait yang kedua

± 475 S.M.      Mordekhai selesai menulis      Est. 3:7; 9:32

                 buku Ester

468 S.M.        Ezra dan para imam kembali     Ezr. 7:7

                 ke Yerusalem

± 460 S.M.      Ezra selesai menulis buku      Ezr. 1:1;

                 1 dan 2 Tawarikh dan Ezra;     2 Taw. 36:22

                 akhir penyusunan buku Mazmur

455 S.M.        Tembok-tembok Yerusalem        Neh. 1:1; 2:1, 11; 6:15

                 dibangun kembali oleh          Dan. 9:24

                 Nehemia; nubuat mengenai

                 70 minggu mulai tergenap

s. 443 S.M.     Nehemia selesai menulis buku   Neh. 5:14

                 Nehemia

                Maleakhi selesai menulis buku  Mal. 1:1

                 Maleakhi

406 S.M.        Pembangunan kembali Yerusalem  Dan. 9:25

                 diselesaikan

332 S.M.        Yunani, kuasa dunia kelima,    Dan. 8:21

                 memerintah Yudea

± 280 S.M.      Septuagint Yunani mulai

                 diterjemahkan

165 S.M.        Bait Allah disucikan kembali   Yoh. 10:22

                 setelah dinajiskan oleh

                 berhala Yunani; Hari Raya

                 Penahbisan

63 S.M.         Roma, kuasa dunia keenam,      Yoh. 19:15;

                 menguasai Yerusalem            Why. 17:10

± 37 S.M.       Herodes (raja yang diangkat

                 oleh Roma) merebut Yerusalem

2 S.M.          Kelahiran Yohanes Pembaptis    Luk. 1:60; 2:7

                 dan Yesus

29 M.           Yohanes dan Yesus memulai      Luk. 3:1, 2, 23

                 pelayanan mereka

33 M.           14 Nisan: Yesus menjadi        Luk. 22:20; 23:33

                 korban menyediakan dasar

                 untuk perjanjian baru;

                 dipaku di tiang

                16 Nisan: kebangkitan Yesus    Mat. 28:1-10

                6 Siwan, Pentakosta:           Kis. 2:1-17, 38

                pencurahan roh suci; Petrus

                membuka jalan bagi orang-orang

                Yahudi kepada sidang Kristen

36 M.          Akhir dari 70 minggu tahun;     Dan. 9:24-27;

                Petrus mengunjungi Kornelius,   Kis. 10:1, 45

                orang pertama yang tidak

                bersunat dari bangsa-bangsa

                yang masuk sidang Kristen

± 41 M.        Matius menulis Injil yang

                berjudul ”Matius”

± 47–48 M.     Paulus memulai perjalanan       Kis. 13:1–14:28

                utusan injil yang pertama

± 49 M.        Badan pimpinan memutuskan       Kis. 15:28, 29

                bahwa orang-orang beriman dari

                bangsa-bangsa tidak perlu

                disunat

± 49–52 M.     Perjalanan utusan injil Paulus  Kis. 15:36–18:22

                yang kedua

± 50 M.        Paulus menulis 1 Tesalonika     1 Tes. 1:1

                dari Korintus

± 51 M.        Paulus menulis 2 Tesalonika     2 Tes. 1:1.

                dari Korintus

± 50-52 M.     Paulus menulis suratnya kepada  Gal. 1:1

                orang-orang Galatia dari

                Korintus atau Antiokhia Siria

± 52-56 M.     Perjalanan utusan injil Paulus  Kis. 18:23–21:19

                yang ketiga

± 55 M.        Paulus menulis 1 Korintus dari  1 Kor. 15:32;

                Efesus dan 2 Korintus dari     2 Kor. 2:12, 13

                Makedonia

± 56 M.        Paulus menulis surat kepada     Rm. 16:1

                orang-orang Roma dari Korintus

± 56-58 M.     Lukas menulis Injil yang        Luk. 1:1, 2

                berjudul ”Lukas”

± 60-61 M.     Dari Roma Paulus menulis:

                          Efesus                Ef. 3:1

                          Filipi                Flp. 4:22

                          Kolose                Kol. 4:18

                          Filemon               Flm. 1

± 61 M.        Paulus menulis surat kepada     Ibr. 13:24; 10:34

                orang-orang Ibrani dari

               Lukas melengkapi buku Kisah

                di Roma

sb. 62 M.      Yakobus, saudara Yesus,         Yak. 1:1

                menulis surat berjudul

                ”Yakobus” dari Yerusalem

± 60-65 M.     Markus menulis Injil yang

                berjudul ”Markus”

± 61-64 M.     Paulus menulis 1 Timotius dari  1 Tim. 1:3

                Makedonia

               Paulus menulis buku Titus dari  Tit. 1:5

                Makedonia (?)

± 62-64 M.     Petrus menulis 1 Petrus dari    1 Ptr. 1:1; 5:13

                Babel

± 64 M.        Petrus menulis 2 Petrus dari    2 Ptr. 1:1

                Babel (?)

± 65 M.        Paulus menulis 2 Timotius dari  2 Tim. 4:16-18

                Roma

               Yudas, saudara Yesus, menulis   Yud. 1, 17, 18

                ”Yudas”

70 M.          Yerusalem dan baitnya           Dan. 9:27; Mat. 23:37, 38;

                dihancurkan oleh orang Roma     Luk. 19:42-44

± 96 M.        Yohanes, di Patmos, menulis     Why. 1:9

                buku Wahyu

± 98 M.        Yohanes menulis Injil yang      Yoh. 21:22, 23

                berjudul ”Yohanes” dan

                suratnya 1, 2, dan 3 Yohanes;

                Alkitab selesai ditulis

± 100 M.       Yohanes, rasul yang terakhir,   2 Tes. 2:7

                meninggal

CATATAN: Hendaknya diingat bahwa meskipun banyak dari tanggal-tanggal ini adalah pasti, beberapa tanggal bersifat kira-kira, berdasarkan bukti-bukti yang ada sekarang. Tujuan daftar ini tidak untuk menetapkan tanggal terjadinya setiap peristiwa secara mutlak, melainkan membantu siswa-siswa Alkitab untuk menentukan kapan terjadinya peristiwa-peristiwa itu dalam arus waktu dan apa hubungan antara peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain.

Pertanyaan-Pertanyaan mengenai ”Bagan Tanggal-Tanggal Sejarah yang Penting” dan ”Tabel Buku-Buku Alkitab”:

(a) Dengan membandingkan kedua bagan itu, sebutkan beberapa dari antara nabi-nabi dan penulis-penulis Alkitab yang hidup (1) sebelum kerajaan Israel berdiri pada tahun 1117 S.M., (2) selama masa kerajaan Israel dan Yehuda, (3) mulai dari masa pembuangan di Babel hingga dilengkapkannya kanon Kitab-Kitab Ibrani.

(b) Perlihatkan waktu penulisan surat-surat Paulus dalam hubungan dengan perjalanan-perjalanan utusan injilnya.

(c) Pokok-pokok menarik apa yang saudara perhatikan mengenai waktu-waktu penulisan buku-buku lain dari Kitab-Kitab Yunani Kristen?

(d) Perlihatkan hubungan antara orang-orang yang disebut berikut ini dengan beberapa peristiwa penting dalam sejarah Alkitab, dan sebutkan apakah mereka hidup sebelum atau sesudah peristiwa tersebut, atau hubungkan mereka dengan orang-orang lain yang juga hidup pada waktu yang sama dengan mereka: Sem, Samuel, Metusalah, Lot, Raja Saul, Daud, Ayub, Raja Hosea dari Israel, Salomo, Harun, Raja Zedekia dari Yehuda.

(e) Peristiwa-peristiwa istimewa apa yang terjadi selama masa hidup (1) Nuh, (2) Abraham, (3) Musa?

(f) Cocokkan tanggal-tanggal berikut ini (S.M.) dengan peristiwa-peristiwa penting yang terdaftar di bawah ini: 4026, 2370, 1943, 1513, 1473, 1117, 997, 740, 607, 539, 537, 455.

Adam diciptakan

Perjanjian Taurat disahkan di Sinai

Yerusalem dihancurkan

Orang-orang Yahudi kembali ke Yerusalem setelah dekrit dari Raja Kores

Alkitab yang terilham mulai ditulis

Air Bah mulai

Babel jatuh ke tangan orang Media dan Persia

Raja Israel yang pertama diurapi

Abraham menyeberangi Sungai Efrat; Perjanjian dengan Abraham disahkan

Kerajaan Israel dan Yehuda terbagi dua

Kerajaan sebelah utara ditaklukkan oleh Asyur

Tembok Yerusalem dibangun kembali oleh Nehemia

Orang-orang Israel diselamatkan dari Mesir

Yosua memimpin Israel memasuki Kanaan

Masa sunyi senyap 70 tahun di Yerusalem berakhir

[Tabel di hlm. 298]

TABEL BUKU-BUKU ALKITAB

(Beberapa tanggal [dan tempat penulisan] tidak pasti. Singkatan s. berarti ”sesudah”; sb. berarti ”sebelum”; ± berarti ”kira-kira.”)

Buku-Buku dari Kitab-Kitab Ibrani Sebelum Masehi (S.M.)

 Nama         Penulis     Tempat        Selesai      Masa yang

 Buku                    Penulisan     Ditulis       Ditinjau

Kejadian       Musa       Padang Gurun    1513   ”Pada mulanya”

                                                  sampai 1657

Keluaran       Musa       Padang Gurun    1512   1657-1512

Imamat         Musa       Padang Gurun    1512   1 bulan (1512)

Bilangan       Musa       Padang Gurun/   1473   1512-1473

                           Dataran Moab

Ulangan        Musa       Dataran Moab    1473   2 bulan (1473)

Yosua          Yosua      Kanaan        ± 1450   1473-± 1450

Hakim-Hakim    Samuel     Israel        ± 1100   ± 1450–± 1120

Rut            Samuel     Israel        ± 1090   11 tahun selama

                                                  dipimpin para hakim

1 Samuel       Samuel;

                Gad;

                Natan     Israel        ± 1078   ± 1180-1078

2 Samuel       Gad;       Israel        ± 1040   1077–± 1040

                Natan

1 dan 2        Yeremia    Yehuda/Mesir     580   ± 1040-580

 Raja-Raja

1 dan 2        Ezra       Yerusalem (?)  ± 460   Sesudah 1 Taw. 9:44,

 Tawarikh                                         1077-537

Ezra           Ezra       Yerusalem      ± 460   537–± 467

Nehemia        Nehemia    Yerusalem     s. 443   456–s. 443

Ester          Mordekhai  Susan, Elam    ± 475   493–± 475

Ayub           Musa       Padang Gurun  ± 1473   Lebih dari 140 tahun

                                                  antara 1657 dan 1473

Mazmur         Daud dan                  ± 460

                lain-lain

Amsal          Salomo;    Yerusalem      ± 717

                Agur;

                Lemuel

Pengkhotbah    Salomo     Yerusalem   sb. 1000

Kidung Agung   Salomo     Yerusalem     ± 1020

Yesaya         Yesaya     Yerusalem     s. 732   ± 778–s. 732

Yeremia        Yeremia    Yehuda/Mesir     580   647-580

Ratapan        Yeremia    Dekat            607

                           Yerusalem

Yehezkiel      Yehezkiel  Babel          ± 591   613–± 591

Daniel         Daniel     Babel          ± 536   618–± 536

Hosea          Hosea      Samaria       s. 745.  804–s. 745

                           (Distrik)

Yoel           Yoel       Yehuda         ± 820 (?)

Amos           Amos       Yehuda         ± 804

Obaja          Obaja                     ± 607

Yunus          Yunus                     ± 844

Mikha          Mikha      Yehuda       sb. 717   ± 777-717

Nahum          Nahum      Yehuda       sb. 632

Habakuk        Habakuk    Yehuda         ± 628 (?)

Zefanya        Zefanya    Yehuda       sb. 648

Hagai          Hagai      Yerusalem        520   112 hari (520)

Zakharia       Zakharia   Yerusalem        518   520-518

Maleakhi       Maleakhi   Yerusalem     s. 443

Buku-Buku dari Kitab-Kitab Yunani yang Ditulis Sesudah Masehi (M.)

 Nama         Penulis     Tempat        Selesai      Masa yang

 Buku                    Penulisan     Ditulis       Ditinjau

Matius         Matius     Palestina       ± 41   2 S.M.–33 M.

Markus         Markus     Roma         ± 60-65   29-33 M.

Lukas          Lukas      Kaisarea     ± 56-58   3 S.M.–33 M.

Yohanes        Rasul      Efesus, atau    ± 98   Setelah prolog,

                Yohanes    sekitarnya             29-33 M.

Kisah          Lukas      Roma            ± 61   33–± 61 M.

Roma           Paulus     Korintus        ± 56

1 Korintus     Paulus     Efesus          ± 55

2 Korintus     Paulus     Makedonia       ± 55

Galatia        Paulus     Korintus     ± 50-52

                           atau Antiokhia

                           di Siria

Efesus         Paulus     Roma         ± 60-61

Filipi         Paulus     Roma         ± 60-61

Kolose         Paulus     Roma         ± 60-61

1 Tesalonika   Paulus     Korintus        ± 50

2 Tesalonika   Paulus     Korintus        ± 51

1 Timotius     Paulus      Makedonia   ± 61-64

2 Timotius     Paulus      Roma           ± 65

Titus          Paulus      Makedonia   ± 61-64

                            (?)

Filemon        Paulus      Roma        ± 60-61

Ibrani         Paulus      Roma           ± 61

Yakobus        Yakobus     Yerusalem    sb. 62

                (saudara

                Yesus)

1 Petrus       Petrus      Babel       ± 62-64

2 Petrus       Petrus      Babel (?)      ± 64

1 Yohanes      Rasul       Efesus, atau   ± 98

                Yohanes     sekitarnya

2 Yohanes      Rasul       Efesus, atau   ± 98

                Yohanes     sekitarnya

3 Yohanes      Rasul       Efesus, atau   ± 98

                Yohanes     sekitarnya

Yudas          Yudas       Palestina      ± 65

                (saudara    (?)

                Yesus)

Wahyu          Rasul       Patmos         ± 96

                Yohanes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar